Manfaat Olahraga Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Olahraga Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Olahraga Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Lebih dari beberapa pasien mengatakan bahwa mereka tidak suka berolahraga. Tiga fakta tentang olahraga mengungkapkan bahwa : olahraga sangat penting untuk kesehatan jantung; Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu pria maupun wanita, namun penyakit jantung sebagian besar dapat dihindari.

Bagi banyak orang, kata “latihan” memunculkan gambar yang tidak menyenangkan dengan menginjak-injak alat mekanis, atau berlari dengan numbly di sekitar trek, atau memutar putaran yang terengah-engah di kolam. Tapi apakah latihan harus melihat atau merasakan cara tertentu untuk memperbaiki kesehatan jantung? Mungkinkah bentuk gerakan lainnya membawa manfaat serupa?

Yoga, misalnya, tidak terlihat seperti latihan aerobik tradisional. Dan siapa pun yang telah berlatih yoga tahu memberikan sensasi yang berbeda dari olahraga seperti senam atau gym. Yoga menggabungkan praktik India kuno dengan latihan postural, teknik pernapasan dan meditasi. Studi sebelumnya tentang yoga menunjukkan bahwa hal itu dapat mempengaruhi bagaimana sistem saraf mempengaruhi jantung dengan cara yang baik dan menenangkan. Mungkinkah yoga menciptakan perubahan kesehatan jantung di tubuh?

Yoga dan faktor risiko jantung:

Manfaat Olahraga Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Sekelompok peneliti mulai mempelajari apakah yoga dapat mengubah faktor risiko terkena penyakit jantung. Mereka melakukan apa yang disebut meta-analisis, di mana studi yang lebih kecil digabungkan untuk menjawab pertanyaan yang lebih besar. Mereka menemukan 1404 studi tentang yoga – 37 adalah perbandingan langsung yoga dengan baik tanpa olahraga, atau latihan aerobik tradisional.

Hasil yoga versus latihan tidak jelas. Dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga, mereka yang berlatih yoga mengalami peningkatan signifikan dalam faktor risiko jantung. Rata-rata, yoghurt menghilangkan 2,35 kg berat badan, menurunkan tekanan darah mereka sebesar 5 mm / hg, dan meningkatkan profil kolesterol mereka dengan mengurangi LDL dan meningkatkan HDL.

Temuan yang lebih luar biasa datang saat para peneliti melihat bagaimana yoga dibandingkan dengan latihan aerobik biasa. Yakni, tidak ada bedanya. Dalam sembilan penelitian, latihan yoga sebanding dengan latihan aerobik untuk menurunkan berat badan, tekanan darah dan ukuran kolesterol.

Salah satu cara untuk dapat memutuskan apakah temuan penelitian masuk akal adalah dengan melihat bagaimana perbandingannya dengan penelitian yang lain. Apakah studi itu outlier, atau apakah ini merupakan temuan yang sama?

Cochrane Collaboration, sebuah jaringan peneliti independen, baru-baru ini menerbitkan review yoga untuk pencegahan penyakit jantung. Mereka juga menemukan bahwa yoga menyebabkan peningkatan tekanan darah, kolesterol HDL dan trigliserida (lemak). Peneliti Cochrane menekankan bahwa tingkat peningkatan kesehatan fisik dari yoga akan bervariasi sesuai dengan bagaimana (atau berapa banyak) praktik individu.

Periset ini berkomentar secara khusus tentang kesehatan fisik, namun hal yang jelas tentang yoga adalah bahwa ini bukan hanya tentang otot dan tulang. Yoga, dengan penekanan pada pernapasan dan perhatian penuh, mungkin juga memberi sedikit manfaat nyata, seperti bagaimana otak dan jantung mengatasi stres. Saya sering menyarankan pasien bahwa, dalam praktik kedokteran, semuanya terhubung dalam tubuh manusia.

Yoga dan atrial fibrilasi:

yoga mengatasi masalah atrial fibrilasi

Atrial fibrillation adalah penyakit irama jantung yang umum yang mempengaruhi jutaan orang Amerika. Ini berbagi banyak faktor risiko yang sama (tekanan darah tinggi, obesitas, stres) sebagai penyakit jantung tradisional. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa AF, juga, sebagian besar merupakan penyakit yang dapat dicegah terkait gaya hidup. Pertanyaan alami muncul apakah yoga bisa membantu AF?

Periset dari University of Kansas mendaftarkan 52 pasien dengan AF ke dalam sebuah studi tentang sesi yoga dua kali seminggu selama tiga bulan. Mereka menemukan latihan yoga menghasilkan manfaat yang signifikan: episode gangguan irama jantung menurun, depresi dan kecemasan berkurang dan kualitas skor kehidupan membaik. Yoga juga menurunkan tekanan darah dan detak jantung dalam penelitian ini.

Bukti meningkat bahwa yoga menghasilkan banyak manfaat yang sama seperti latihan tradisional: Tekanan darah rendah, angka kolesterol lebih baik dan ritme jantung yang lebih halus. Itu sangat disukai. (Bayangkan jika itu adalah pil baru!) Pastinya aman untuk mengatakan latihan yoga lebih baik daripada tidak berolahraga, tapi apakah latihan parodi aerobik yang benar-benar dapat diobati untuk yoga tentu harus menunggu penelitian lebih lanjut. Sinyal awal ini menyarankan yoga memang merupakan bidang penelitian kesehatan yang layak.